
57 Courses
Mata
kuliah ini secara umum membahas konsep proses manajemen strategik pada
perusahaan. Proses manajemen strategik terdiri dari 3 tahapan umum, yakni
mengumpulkan input; formulasi strategi; dan implementasi-evaluasi strategi.
Untuk tahapan pertama diajarkan berbagai macam analisis yang hasilnya akan
digunakan sebagai input formulasi strategi. Analisis tersebut antara lain:
analisis ekternal (lingkungan global, industri dan kompetitor); analisis
internal (sumber daya, kapabilitas dan core competencies). Pada tahapan dua
diajarkan proses formulasi strategi mulai dari tingkat bisnis hingga tingkat
korporat, selain itu juga diajarkan strategi internasional dan aliansi. Tahapan
ketiga, mahasiswa diajarkan proses implementasi strategi yang antara lain
berupa pembentukan struktur organisasi dan sistem kontrol, kepemimpinan strategik,
corporate governance, kewirausahaan dan inovasi. Beberapa kegiatan yang
dilakukan antara lain mengkaji business case study terkait manajemen strategik
serta prinsip-prinsip umumnya, melakukan perencanaan dan penelitian mini
terkait manajemen strategik melalui desk study dan fieldwork dengan tahapan perumusan
masalah, pengumpulan data, analisis dan penulisan business case study baru.